Kamis, 30 Desember 2010

Nilai atau ilmu??

Rapot oh rapot . . .
Rapotku, dikau emang udah 2 mingguan dibagiin
Dan selama itu pula dikau sukses sekali membuat bibirku manyun dan mataku tak berkedip barang sedetik
Tak kusangka engkau menghianati diriku sehina-hinanya
Pun tak kuduga dikau mempermalukan diriku dengan posisi rengking yang terjun bebas
Membuatku menangis darah, tatlaka selama seminggu lebih diriku hanya bisa melihat dan mendengar mereka yang saling bertanya satu sama lain tentang renking, dimana jawaban mereka selalu diatas 10 besar
Oh rapotku tega nian dikau, bahkan kau membuatku tak bisa menjawab pertanyaan guruku tentang rengkingku di depan teman-teman pintarku ?? oh . . .
Kini 2 minggu telah berlalu
Kuyakin kegiatan saling bertanya tentang rengking sudah menjadi hal basi
Maka kuampuni dan kumaafkan dirimu, kuakui ini memang salahku
Tapi,, TAPI kenapa kemarin masih ada orang yang bertanya tentang rengking??

Hadoooh!!! kalo udah kayak gini pengen buanget rengking dan nilaiku di rapot SD pindah di rapot SMA !!
Mungkin kalo sekolah lain, nilai gampang banget didapet, sayangnya disini (baca : sekolahku) nggak banget! Kita bagaikan anak bebek yang disuruh lari maraton sendiri terus-terusan tanpa bantuan, kalo mau dapet nilai bagus. yupp di sekolahku nyari nilai emang nggak gampang. Meskipun sebenarnya nilai itu tergantung siapa gurunya, tetep aja itungannya nyari nilai disitu susah.
Enaknya ya kalo dapet guru yang baik yang suka nolong (bukan nyogok lho!) tapi sayang jumlahnya dikit banget, nggak enaknya ya kalo dapet guru yang 'pelit' yang jumlahnya melimpah ruah disitu. Tugas cuma dikasih waktu dikitlah, kadang ulangan satu hari lebih dari 2 pelajaranlah, soal ulangan yang diambil dari buku yang banyaklah, soal-soal ulangan yang susahlah, nggak heran kalo kadang-kadang ulangan nilainya kayak nomer sepatu. Makanya nggak heran juga kalo tiap habis ulangan selalu ada bau kepala gosong, soalnya otak kita bekerja terlalu keras sampe panas n gosong (?!) Kalo ini terjadi waktu SMP sih nggak masalah, tapi ini SMA, helo . . . . . !! nilai jelek, PMDK dikemanain tuh rapot.
Kalo anak sekolah lain mungkin ada yang nggak peduli dapet ilmu ato nggak disekolah dan lebih mentingin dapet nilai, sehingga terjadi aksi sogok sana sogok sini dan muncul istilah sekolah itu nyari nilai.
Kalo kita, emang kita udah dapet ilmu tapi yang jadi persoalan gara-gara standart guru-guru disitu yang ketinggian jadinya kita kekurangan nilai, jadinya ya sama kayak anak sekolah lain kita sekolah juga nyari nilai, bedanya nggak dengan cara nyogok sana nyogok sini.
Akibatnya ya kayak beberapa kakak kelas XII -ku yang demi PMDK, demi kuliah di PTN ternama, demi STAN dan demi sekolah/universitas imipian lainnya. Mereka rela les seminggu penuh, hari minggu juga mereka relain buat les. Ada seorang kakak kelas XII-ku yang selain les di GO juga les SCC juga les privat bhs.inggris, privat fisika, privat matematika. Kebayang jadwal lesnya yang full ??!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar